Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin.
Sumber :
  • Istimewa/Antara

Jaksa Agung Berikan Pesan Menohok ke Jajarannya: Sederhana adalah Kunci Pengendalian Diri

Sabtu, 4 Februari 2023 - 20:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin memberikan pesan yang menohok kepada seluruh jajarannya untuk menerapkan pola hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari, termasuk saat menjalani tugas.

Dia katakan, sederhana adalah sikap yang mampu mencegah dari perilaku boros, tamak, dan rakus.

"Sehingga perilaku sederhana adalah kunci pengendalian diri untuk membangun integritas institusi," kata Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin seperti yang dilansir dari Antara, Sabtu (4/2/2023).

Sejak 2020, Burhanuddin menerbitkan Instruksi Jaksa Agung RI Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penerapan Hidup Sederhana yang mengatur beberapa hal di antaranya menghindari gaya hidup konsumtif dengan tidak membeli/memakai/memamerkan barang-barang mewah.

Instruksi tersebut juga bertujuan menghindari timbulnya kesenjangan dan kecemburuan sosial di media sosial, menyesuaikan dan menyelaraskan setiap perilaku berdasarkan norma hukum dan adat istiadat masyarakat setempat, menolak menerima hadiah/keuntungan, serta menghindari tempat tertentu yang dapat merendahkan martabat/mencemarkan kehormatan institusi.

Tak sampai di situ saja, Burhanuddin ungkapkan maksud dari instruksi tersebut untuk pengendalian dan introspeksi bagi insan Adhyaksa agar tidak melakukan penyalahgunaan kewenangan terlebih lagi perbuatan melawan hukum yang dapat merugikan masyarakat.

"Sikap sederhana insan Adhyaksa dengan sendirinya akan membangun integritas sebagai seorang penegak hukum,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:56
03:22
01:26
12:46
04:24
01:47
Viral