Presiden Joko Widodo (Jokowi) Ketika menghadiri Hari Pers Nasional di Medan, Sumatera Utara (9/2/2023).
Sumber :
  • Instagram @jokowi

Presiden Joko Widodo Menggunakan Kain Tenun Songket Batubara Saat HPN 2023 di Medan

Jumat, 10 Februari 2023 - 16:27 WIB

Batubara, Sumatera Utara - Masyarakat Kabupaten Batubara pantas bangga setelah pakaian atau outfit yang dipakai oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat menghadiri puncak Hari Pers Nasional (HPN) yang berlangsung di Medan adalah buatan lokal, yakni kain tenun Songket Batubara.

“Presiden Joko Widodo dan sejumlah tamu undangan mengenakan pakaian tenun songket khas Batubara pada acara peringatan Hari Pers Nasional tahun 2023,” demikian keterangan yang disampaikan oleh akun media sosial Kominfo Batubara, Jumat (11/2/2023). Disampaikan juga hal ini menjadi kebanggaan tersediri bagi masyarakat Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Dari pantauan tvOnenews di akun Facebook resmi Presiden Joko Widodo, saat menghadiri HPN di Kota Medan, Kamis (10/2/2023). Presiden Jokowi terlihat menggunakan baju kemeja lengan panjang berwarna hijau dengan corak atau ornamen yang sederhana, menggunakan stelan celana hitam, ada motif daun berwarna putih yang menghiasi dibagian depan baju dan kerah yang dihiasi warna putih. Presiden dua kali mengunggah acara HPN itu dengan pakaian yang sama.

Tidak hanya Pak Jokowi, ada sejumlah pejabat yang ikut mengenakan kain songket Batubara sebagai outfitnya, diantaranya adalah Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi

Songket Batubara adalah kain yang dibuat dari menenun dengan cara yang masih tradisional dan merupakan kain khas yang sudah ada secara turun menurun, dan pada abad 19 pakaian ini biasa digunakan oleh raja-raja yang berkuasa di daerah itu. 

Proses pembuatan kain songket ini bisa sampai berminggu-minggu dengan kualitas terbaik dengan harga Rp500 ribu, hingga Rp5 juta paling mahal.(jmg/chm)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral