Petugas ketika Menggagalkan Penyelundupan Puluhan Paket Rokok Impor Ilegal.
Sumber :
  • Erdika Mukdir

Rokok Ilegal Impor Asal Tiongkok Diselundupkan ke Kendari Pakai Ekspedisi

Rabu, 13 Oktober 2021 - 13:29 WIB

Kendari, Sulawesi Tenggara - Petugas Bea Cukai Kendari berhasil menggagalkan penyelundupan ratusan bungkus rokok ilegal yang dikirim melalui jasa pengiriman di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Kepala Bea Cukai Kendari, melalui humasnya Muhammad Taufiq mengatakan, rokok ilegal itu berasal dari Tiongkok yang ditindak pada beberapa hari lalu .

“Awalnya kami mendapat informasi tentang adanya pengiriman paket rokok ilegal melalui jasa pengiriman ekspedisi domestik tujuan Kendari. Saat itu juga tim dari Unit Pengawasan Bea Cukai Kendari menindaklanjuti dengan melakukan penindakan," kata Taufiq pada tvonenews, Rabu (13/10).

Taufiq menjelaskan paket kiriman tersebut berisikan rokok impor dengan berbagai merek dari Tiongkok yang tidak dilekati dengan pita cukai. Hal itu merugikan negara ratusan juta rupiah.

"Dari hasil pemeriksaan lebih lanjut, didapati rokok ilegal dengan jumlah 126.200 batang dengan perkiraan nilai barang kurang lebih Rp225.898.000,-. Dari pelanggaran tersebut, diperkirakan kerugian negara dari sektor cukai, PPN HT, dan pajak rokok total sebesar Rp140.535.000,-," ungkap Taufiq.

Kantor Bea Cukai Kendari menegaskan akan terus memberantas rokok ilegal, baik yang berasal dari lokal maupun dari impor. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk tidak membeli maupun menjual rokok ilegal tersebut. (Erdika Mukdir/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral