Dok. Lock Down di China pada bulan Desember 2021, saat Covid-19 meningkat..
Sumber :
  • China Daily

China Lock Down Lagi Gegara Influenza Misterius, Warga Marah di Media Sosial

Senin, 13 Maret 2023 - 11:24 WIB

Beijing, tvonenews.com - Sebuah kota di China, Xi'an, menjadi sorotan publik dunia belakangan ini. Muasalnya adalah kebijakan wilayah setempat yang mempertimbangkan akan kembali menerapkan kebijakan lock down, akibat wabah influenza misterius.

"Kota Xi'an - hotspot pariwisata di provinsi Shaanxi yang merupakan rumah bagi pejuang terakota yang terkenal - mengungkapkan rencana tanggap darurat minggu ini yang memungkinkannya menutup sekolah, bisnis, dan "tempat keramaian lainnya" jika terjadi bencana yang parah. Untuk menginstal epidemi flu," demikian dikutip dari CNN, Senin (13/3/2023).

Hal itu memicu kecemasan dan kemarahan warga pengguna media sosial China karena negara itu justru sudah mulai menerapkan kebijakan nol covid, dan mulai meninggalkan kebiasaan protokol kesehatan. Namun justru terjadi lonjakan kasus flu di seluruh negeri dan beberapa apotek berjuang untuk memenuhi permintaan obat flu.

"Vaksinasi publik daripada menggunakan waktu seperti itu untuk menciptakan rasa panik," tulis seorang pengguna di Weibo, atau sosmed ala Twitter di China.

"Bagaimana orang tidak panik mengingat proposal Xi'an untuk menangguhkan pekerjaan dan kegiatan bisnis dikeluarkan tanpa instruksi yang jelas di tingkat nasional untuk mengklasifikasikan penyakit tersebut?" tanya yang lain.

"Apakah tidak cukup menyiksa kami sampai harus melakukannya [lockdown] lagi dan lagi?", kata seorang warga melalui akun Weibo, dikutip dari Bloomberg.

"Jika harus lockdown karena influenza, berarti selalu harus seperti itu tiap kali musim flu datang? Kami tak mau mundur ke belakang," ia melanjutkan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral