Seorang warga menjalani tes asam nukleat di pos pengujian yang didirikan di sebuah sekolah dasar di Distrik Dongxihu, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Jumat (15/52020)..
Sumber :
  • Antara

China Pastikan Virus Covid-19 Bukan dari Pasar Huanan

Senin, 10 April 2023 - 13:49 WIB

Beijing, tvOnenews.com - China menolak tuduhan yang telah menghapus data penting terkait sampel yang diambil dari Pasar Huanan, Wuhan, China. 

Tim peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular China (CCDC) membantah pandangan bahwa galur virus Covid-19 berasal dari binatang di pasar hewan dan ikan di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei.

Tiga galur virus yang diisolasi dari sekitar 900 sampel di lingkungan pasar terlihat hampir identik dengan urutan virus pasien pada saat itu.

Berdasarkan data tersebut disimpulkan kemungkinan besar virus berasal dari manusia, kata Dekan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Beijing University of Chemical Tehcnology, Tong Yigang, kepada pers di Beijing, Minggu (9/4) waktu setempat.

Sebelumnya, WHO menuduh China menghapus data sampel dari Pasar Huanan pada awal 2020 yang merupakan informasi penting dalam mengungkap asal-usul COVID.

WHO juga menyebut Pasar Huanan sebagai episentrum pandemi karena dari pasar rakyat tersebut virus SARS-CoV-2 menyebar dengan cepat ke berbagai tempat di Wuhan pada 2019, yang kemudian menjalar ke berbagai belahan dunia.(ant/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:09
01:34
02:08
01:24
01:33
03:57
Viral