Turki.
Sumber :
  • Freepik-Wirestock

Erdogan Unggul dari Kandidat Lainnya, Kantongi 49,5% Suara

Senin, 15 Mei 2023 - 10:08 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Hasil pemilu pemilihan presiden Turki baru saja berakhir dan menempatkan Racep Tayip Erdogan sebagai pemenang, karena berada diurutan teratas dibanding dua kandidat Calon Presiden (Capres) Turki lainnya.

Sayangnya, kemenangan Erdogan tak bisa langsung mengukuhkan dirinya sebagai Presiden Turki kembali. Pasalnya, kemenangan Erdogan tak mencapai ambang batas 50% lebih suara untuk bisa menang mutlak, karena Erdogan hanya mendapatkan 49,5% suara, disusul berikutnya Kemal Kilicdaroglu yang mendapatkan 44.8% suara dan Sinan Ogan 5,3% suara.

Menariknya, meski perolehan suara Capres Sinan Ogan hanya mendapatkan 5,3 % suara, namun suara dia menentukan siapa yg menang pada pemilihan di putaran kedua nantinya.

Putaran kedua akan digelar pada 28 Mei mendatang, karena tak ada yang melewati ambang batas 50% untuk menang. Namun baik partai Erdogan maupun Kilicdaroglu mengklaim keunggulannya masing-masing.

Sebelumnya, Minggu, 14 Mei 2023 waktu setempat, Pemilihan Umum (Pemilu) Turki Digelar. Pemilihan presiden diikuti oleh tiga kandidat, yakni Recep Tayep Erdogan, Sinan Ogan dan Kemal Kilicdaroglu. 

Warga Turki juga akan menentukan parlemen baru. Persaingan ketat bakal terjadi antara Aliansi Rakyat yang terdiri dari Partai AK (AKP) yang berakar dari Islam konservatif Erdogan dan MHP nasionalis, dan Aliansi Bangsa Kilicdaroglu yang dibentuk dari enam partai oposisi, termasuk Partai Rakyat Republik pendiri Turki Mustafa Kemal Ataturk. (mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:00
02:28
03:46
00:53
01:49
01:23
Viral