Sebuah pesawat tempur JAS 39 Gripen Angkatan Udara Swedia lepas landas dari Blekinge Wing F17, yang berbasis di Kallinge, Swedia selatan, Sabtu 2 April 2011..
Sumber :
  • APTN

Swedia Pertimbangkan Pilot Ukraina Coba Jet Tempur Gripen

Jumat, 26 Mei 2023 - 17:30 WIB

Stockholm, tvOnenews.com - Menteri pertahanan Swedia, Pal Jonsson sedang mempertimbangkan keputusan uji terbang jet tempur JAS 39 Gripen milik Swedia oleh para pilot Ukraina

Sejauh ini Swedia masih belum mengirimkan jet tempur Gripen ke Ukraina dengan alasan masih membutuhkan jet tempur tersebut untuk pertahanan wilayah sendiri. 

“Kami membutuhkan mereka untuk pertahanan wilayah kami saat ini, tetapi kami terbuka untuk membiarkan Ukraina menguji Gripen,” katanya. 

“Hal itu sejalan dengan yang dilakukan negara-negara lain, baik yang mengoperasikan jet tempur F-16 maupun Tornado,” ujarnya.

Jonsson menegaskan Swedia belum berencana untuk segera mengirim pesawat Gripen ke Ukraina. Namun, atas permintaan Ukraina, Jonsson akan mengijinkan para pilot Ukraina untuk mencoba Gripen melalui simulator. 

“Itu bisa saja, misalnya, uji terbang, menggunakan simulator, belajar lebih banyak tentang sistem darat yang luas yang merupakan bagian dari sistem Gripen,” katanya.

Ukraina telah menyampaikan minatnya akan jet tempur dari negara Barat termasuk jet tempur Gripen untuk membantu melawan invasi Rusia yang saat ini sudah berlangsung selama dua tahun. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral