Dua kapal tandu membantu kapal selam milik Komando Armada Utara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) saat doking di pangkalannya pada Januari 2023..
Sumber :
  • Antara

China Bantah Kapal Riset Xiang Yang Hong-10 Memasuki ZEE Vietnam

Jumat, 26 Mei 2023 - 23:41 WIB

Beijing, tvOnenews.com - Keberadaan kapal riset Xiang Yang Hong-10 yang dituduh memasuki Zona Eksekutif Eksklusif (ZEE) Vietnam, dibantah oleh otoritas China di Beijing.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Mao Ning mengatakan kepada wartawan, bahwa kapal riset Xiang Yang Hong-10 melakukan aktivitas yang sah di wilayah perairan di bawah kawasan yurisdiksi China.

"Tidak ada yang namanya masuk ZEE negara lain," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Mao Ning menjawab pertanyaan wartawan.

Mao Ning menambahkan bahwa kapal riset Xiang Yang Hong-10, berada di sekitar Kepulauan Nansha di Laut China Selatan yang merupakan wilayah kedaulatan China.

"Terkait isu Laut China Selatan, kami berkomunikasi dengan semua pihak dan siap menangani perselisihan melalui dialog dan konsultasi demi terpeliharanya pedamaian dan stabilitas di Laut China Selatan," kata Mao.

Meskipun demikian, Mao menegaskan bahwa negaranya tetap berkomitmen melindungi hak dan kepentingan China.(ant/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral