Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan pernyataan secara virtual pada pertemuan para menteri luar negeri BRICS dengan negara-negara mitra di Cape Town, Afrika Selatan (2/6/2023)..
Sumber :
  • Antara

BRICS Dinilai Memainkan Peranan Penting di Kancah Global, Rusia Sebut 20 Negara Ingin Bergabung

Jumat, 16 Juni 2023 - 07:41 WIB

Moskow, tvOnenews.com - BRICS adalah blok kerja sama negara-negara berkembang yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan, baru saja selesai menggelar pertemuan para menteri luar negeri di Cape Town, Afrika Selatan pada awal Juni.

Usai pertemuan itu, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov mengatakan sekitar 20 negara ingin bergabung dengan BRICS. Ini menandakan bahwa BRICS memiliki peran penting di arena global.

"Diskusi berlanjut tentang apa yang menjadi kriteria untuk bergabung dengan BRICS, dan Afrika Selatan telah mengintensifkan pekerjaan ini," ujar dia kepada kantor berita TASS pada Kamis.

Ryabkov mengatakan bahwa aksesi Afsel ke blok tersebut adalah pengalaman yang sukses, mengingat keputusan itu dibuat berdasarkan kesepakatan para anggota lainnya.

"Saya pikir kandidat yang kuat bisa merujuk ke pengalaman ini, memprediksi sendiri apa yang mungkin dan tidak mungkin terjadi," tutur dia.

Ryabkov juga menambahkan agar BRICS bersikap terbuka dan Rusia menyukai gagasan untuk mengambil negara-negara Arab dan Asia Pasifik

Ini karena keterwakilan mereka di BRICS masih kurang.(ant/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral