Rostov.
Sumber :
  • the guardian

Duh! Warga Rostov Dukung Pasukan Wagner Kudeta Putin

Minggu, 25 Juni 2023 - 06:23 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketika tentara bayaran Wagner menduduki gedung-gedung utama di selatan kota Rostov di Rusia pada hari Sabtu (24/6/2023) beberapa penduduk setempat menyambut mereka sebagai pahlawan, membawakan mereka air dan permen. Bahkan ketika presiden Rusia Vladimir Putin mengecam pemberontakan bersenjata tersebut.

“Akhirnya, kami dapat menyambut mereka pulang,” kata Evgeny, 36, seorang pendukung pemberontakan, seperti dilansir The Guardian, Minggu (25/6/2023).

“Tentara telah salah bertempur (di Ukraina) sejak awal dan mereka memberikan (tekanan) terlalu banyak pada orang-orang ini. Di Bakhmut, di mana-mana. Dan Anda lihat apa yang terjadi? Pasukan kami sendiri mencoba menghentikan kami untuk memenangkan perang ini,” katanya.

Kepala Wagner, Yevgeny Prigozhin, yang melancarkan aksi kudeta yang menargetkan Kementerian Pertahanan Rusia pun mendapatkan dukungan warga Rostov. “Saya harap dia menang,” katanya

Video dari kota menunjukkan tentara dengan perlengkapan taktis lengkap dipuja oleh penduduk setempat berswafoto dengan kendaraan tempur infanteri, berjabat tangan dengan pasukan paramiliter terbesar di negara itu.

Evgeny, seperti yang lainnya, mengatakan situasi di kota itu tenang namun tegang tetapi mengatakan bahwa orang-orang bersenjata, yang kemungkinan besar termasuk tentara bayaran terlatih dan narapidana yang direkrut dari penjara, berperilaku sangat baik. 

Di sudut jalan yang sibuk, Lyudmilla, seorang wanita berkerudung, membawakan sebungkus biskuit kepada seorang tentara Wagner yang berjaga di luar gedung kota setempat. Pria lain membawakan prajurit itu sebotol air.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:09
02:47
02:23
01:31
03:15
Viral