Terungkap! Penyebab Jemaah Haji 2023 Indonesia Tertahan di Muzdalifah Berjam-jam.
Sumber :
  • tim tvone - Budi

Terungkap! Penyebab Jemaah Haji 2023 Indonesia Tertahan di Muzdalifah Berjam-jam 

Kamis, 29 Juni 2023 - 01:41 WIB

Makkah, tvOnenews.com - Baru-baru ini beredar informasi soal jemaah haji 2023 Indonesia tertahan di Muzdalifah berjam-jam. Namun, penyebab tertahan tersebut akhirnya terungkap dan dijelaskan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Subhan Cholid kepada awak media, pada Rabu (28/6/2023). 

Subhan Cholid jelaskan, bahwa duduk perkara keberangkatan jemaah haji dari Muzdalifah  Mina - Muzdalifah yang sempat tersendat atau tertahan karena macet.

Selain itu, dia katakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Haji Arab Saudi dua minggu sebelum puncak haji. Hasilnya, semua sepakat untuk mengupayakan agar angkutan masyair berjalan tepat waktu.

"Kami diberi tanggung jawab untuk mengedukasi jemaah agar layanan angkutan tertib, bisa membantu ketepatan waktu dari Makkah ke Arafah, Muzdalifah - Mina," kata Subhan.

Upaya itu ditempuh dengan mengalokasikan 21 bus dari maktab sehingga dalam tiga trip selesai. Kemudian, dari Arafah ke Muzdalifah dengan jarak 4 km diupayakan dengan memperbanyak putaran sehingga angkutan selesai setelah tengah malam meskipun jumlah bus dikurangi. 

"Lalu, Muzdalifah ke Mina jaraknya lebih pendek lagi sekitar 2 km, jumlah bus yang tadinya 7 setiap maktab jadi 5 per maktab," ungkap Subhan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
02:06
03:18
01:35
00:48
13:32
Viral