Foto Alaska Volcano Observatory/US Geological Survey menunjukkan gumpalan abu tingkat rendah dari Gunung Berapi Shishaldin pada hari Jumat, 14 Juli 2023, di Alaska..
Sumber :
  • APTN

Gunung Shishaldin di Alaska Meletus, Badan Cuaca Nasional AS Keluarkan Peringatan Kepada Pilot

Minggu, 16 Juli 2023 - 14:50 WIB

tvOnenews.com - Gunung berapi Shishaldin Kepulauan Aleutian, Alaska, memuntahkan abu vulkanik. Petugas penjaga pantai AS mengkonfirmasi gunung Shisaldin juga memuntahkan lahar dari puncak kawah. 

Alaska Volcano Observatory melaporkan gunung berapi Shishaldin mulai meletus pada tanggal 11 Juli lalu. Sebuah letusan besar sempat terjadi Jumat kemarin disertai dengan abu vulkanik membumbung ke udara hingga setinggi 12.192 meter dengan arah ke selatan di atas Samudera Pasifik. 

Letusan kedua dengan skala lebih kecil terjadi di hari yang sama selang beberapa jam kemudian. 

Situasi ini mendorong Badan Cuaca Nasional mengeluarkan peringatan bagi para pilot karena abu tebal menghalangi jarak pandang. Selain itu abu vulkanik juga berpotensi menyebabkan mesin pada pesawat tidak berfungsi. 

Gunung berapi Shishaldin berada di lokasi berjarak 1.093 kilometer sebelah barat daya Anchorage, Pulau Unimak, pulau terbesar di Aleutians. 

Gunung tersebut juga berada di dekat sebuah desa bernama False Pass, berpenduduk 40 orang. Gunung berapi ini berbentuk kerucut simetris dengan diameter 16 kilometer. Tingginya mencapai 2.857 meter dan merupakan puncak tertinggi di Aleutians.

Shishaldin adalah salah satu gunung berapi paling aktif di rantai gunung berapi Aleutian. Sebagian besar letusannya berskala kecil.(chm)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
04:27
01:33
02:33
01:15
01:45
Viral