Ilustrasi Peta Korea Utara.
Sumber :
  • ANTARA

Tentara AS Masuk Wilayah Korea Utara Tanpa Izin dan Diduga Ditahan

Rabu, 19 Juli 2023 - 19:45 WIB

Washington, tvOnenews.com - Seorang tentara Amerika Serikat yang ditempatkan di Korea Selatan melintasi perbatasan dengan persenjataan lengkap ke Korea Utara (Korut) tanpa izin dan diyakini berada dalam tahanan, menurut para pejabat pada Selasa (18/7/2023).

Juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre dan pejabat lainnya mengatakan tentara itu menyeberang "dengan sengaja" melintasi jalur demarkasi militer dan memasuki Korea Utara pada sore waktu setempat.

"Kami yakin dia berada dalam tahanan (Korut). Saat ini kami mengawasi dengan ketat dan menyelidiki situasi serta berusaha memberitahu kerabat terdekat prajurit dan agar terlibat dalam menangani insiden ini," kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin dalam konferensi pers.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Matthew Miller mengatakan bahwa keselamatan dan keamanan setiap warga AS di luar negeri tetap menjadi prioritas utama, seraya menambahkan bahwa Pentagon telah menghubungi Korut.

Tentara tersebut, yang diidentifikasi bernama Travis King, adalah prajurit kelas dua pada Angkatan Darat, menurut juru bicara militer Bryce Dubee.

Atas perbuatannya King akan menghadapi tindakan pendisiplinan, menurut kantor berita Reuters mengutip pejabat AS.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:44
01:33
06:44
09:50
00:57
Viral