Richard Moore, Kepala Dinas Intelijen Rahasia Inggris (MI6)..
Sumber :
  • APTN

Kepala MI6: Kecerdasan Buatan Akan Mengubah Dunia Intelijen

Kamis, 20 Juli 2023 - 07:39 WIB

tvOnenews.com - Kepala badan intelijen MI6 Inggris menyatakan bahwa kecerdasan buatan akan mengubah dunia mata-mata, tetapi hal tersebut tidak akan menggantikan kebutuhan akan mata-mata manusia. Richard Moore, direktur badan intelijen luar negeri Inggris, dijadwalkan berbicara di Praha mengenai ancaman yang berkembang terhadap Barat dari Rusia dan Iran, dan akan berargumen bahwa "faktor manusia" akan tetap menjadi bagian yang penting di era pembelajaran mesin yang berkembang pesat.

"Dengan kecerdasan buatan, informasi akan menjadi jauh lebih mudah diakses, dan ada yang bertanya apakah hal tersebut akan membuat badan intelijen seperti milik saya keluar dari bisnis," ungkapnya dalam kutipan yang dirilis sebelumnya oleh pemerintah Inggris.

"Sebenarnya, hal sebaliknya kemungkinan akan terjadi," tambahnya.

"Saat kecerdasan buatan menyelam ke lautan sumber data terbuka, nilai dari menyusup dan mendapatkan rahasia yang berada di luar jangkauan jaringannya akan semakin besar, seperti melempar umpan dengan baik."

Moore, yang sebelumnya telah memperingatkan bahwa Negara Barat tertinggal dalam perlombaan kecerdasan buatan, akan berpendapat bahwa "karakteristik unik dari agen manusia yang berada di tempat-tempat strategis akan menjadi semakin signifikan," dengan menyoroti kemampuan mata-mata untuk "memengaruhi keputusan di dalam pemerintahan atau kelompok teroris."

Berbicara secara publik tentang mata-mata masih merupakan hal yang cukup baru bagi badan intelijen Inggris. Pemerintah bahkan menolak untuk mengakui keberadaan MI6 sampai tahun 1992, dan pidato publik dari para pemimpinnya jarang terjadi.

Moore telah memilih untuk memberikan pidato pada hari Rabu ini di ibu kota Ceko, Praha, yang merupakan tempat gerakan kebebasan "Prague Spring" tahun 1968 yang ditekan oleh tank-tank Soviet.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral