Ilustrasi - Sejumlah pengunjuk rasa mengecam pembakaran Al Quran..
Sumber :
  • Istimewa - Antara

Buntut Penodaan Al Quran di Kopenhagen, Iran Panggil Utusan Denmark

Minggu, 23 Juli 2023 - 16:12 WIB

Iran, tvOnenews.com - Buntut dari insiden penodaan Al Quran di Kopenhagen. Pihak pemerintahan Iran panggil duta besar Denmark yang ditempatkan di Teheran, pada Sabtu (22/7/2023). Panggilan ini tak lain atas aksi terbaru pembakaran Al Quran.

Kementerian Luar Negeri Iran memanggil Dubes Jespar Vahr dan menyampaikan keberatan Teheran atas penodaan kitab suci umat Islam itu di ibu kota Denmark, Kopenhagen.

Seorang pejabat kementerian menekankan bahwa aksi membakar kitab suci "tidak pernah dapat dibenarkan kendati dengan dalih kebebasan berekspresi."

Tak sampai situ saja, Kemenlu menyerukan agar pertanggungjawaban diterapkan, baik terhadap pelaku maupun pemerintah yang mengizinkan tindakan tersebut terjadi.

"Kami yakin bahwa jika pemerintah Denmark sebelumnya bertindak secara bertanggung jawab dan efektif dalam menghadapi penghinaan terhadap kesucian Islam, saat ini tidak akan terjadi tindakan ofensif seperti itu," kata pejabat tersebut.

Vahr menyampaikan penyesalan atas insiden itu serta menyebutkan bahwa menteri luar negeri Denmark sudah menyatakan kecaman atas penodaan Al Quran.

Dubes Vahr juga jelaskan sikap yang tidak menghormati agama lain adalah tindakan "memalukan" dan pemerintah Denmark telah memisahkan diri dari tindakan provokatif yang ditujukan untuk menciptakan perpecahan semacam itu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
01:01
19:40
00:44
02:52
08:59
Viral