Duta Besar Jerman untuk Indonesia Ina Lepel..
Sumber :
  • Antara

Jerman Berusaha untuk Mengurangi Ketergantungan Ekonomi Kepada China

Rabu, 26 Juli 2023 - 08:53 WIB

tvOnenews.com - Jerman saat ini sedang berusaha mengurangi ketergantungan ekonomi kepada Beijing sebagaimana tertuang dalam strategi menghadapi China. Jerman bertekad mengurangi ketergantungan ekonomi kepada China dan berkomitmen mencari mitra dagang serta investasi lain, termasuk Indonesia

Hal ini diungkapkan oleh Duta Besar Jerman untuk Indonesia Ina Lepel.

Data Badan Statistik Jerman mencatat China adalah mitra dagang terbesar Jerman, dengan nilai impor dan ekspor antara kedua negara hampir 300 miliar euro (Rp5.000 triliun) pada 2022.

“Kami tidak ingin memutuskan hubungan ekonomi kami dengan China. Sebaliknya, kami ingin membuat sektor-sektor dan industri penting kami lebih tangguh dengan mengurangi ketergantungan pada China,” kata Lepel dalam temu media di Jakarta, Selasa.

Strategi menghadapi China adalah dokumen yang menjelaskan strategi nasional Jerman dalam berhubungan dengan China. Dokumen setebal 61 halaman yang telah disetujui oleh kabinet Kanselir Olaf Scholztersebut menjadi pengakuan resmi bahwa hubungan antara China, Jerman dan Uni Eropa telah berubah.

Dokumen itu sendiri telah diperkenalkan kepada publik pada 13 Juli 2023. Dokumen tersebut menyatakan "China telah berubah, dan sebagai hasilnya Jerman perlu menyesuaikan pendekatannya".

Dokumen itu menyebutkan bahwa Jerman sangat tergantung kepada China dalam beberapa sektor penting, termasuk berbagai jenis logam, mineral langka, baterai lithium, dan obat-obatan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral