Mural Bhinneka Tunggal Ika di Philadelphia, untuk Mengajarkan Persatuan dalam Keragaman.
Sumber :
  • Yanrie Subekti

Mural Bhinneka Tunggal Ika di Philadelphia, Cara Kenalkan Persatuan dalam Keberagaman untuk Menekan Anti-Asia di AS

Selasa, 16 November 2021 - 08:32 WIB

Pennsylvania, AS - Pemerintah Kota Philadelphia, Negara Bagian Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) membuat program mural untuk mengedukasi warganya tentang keberagaman. Salah satunya adalah mengenalkan semboyan Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda tetapi tetap satu. Ini dilakukan juga dalam rangka menekan tindakan anti-Asia dan angka kriminalitas yang melonjak sejak pandemi Covid-19.

Wali Kota Philadelphia Jim Kenney meresmikan mural Bhinneka Tunggal Ika, Minggu (14/11/2021) atau Senin WIB yang dibuat di restoran milik Diaspora Indonesia, di South Hicks Street dan Moore Street. Kenney optimistis, karya seni yang menggambarkan keberagaman suku itu dapat membawa pengaruh positif di wilayahnya.

"Saya berharap Indonesia membawa keberagaman budayanya ke lingkungan kami dan membuat masyarakat menyadari bahwa kita berasal dari beragam tempat, tetapi kita semua sama," kata Kenney usai meresmikan mural.

Kenney ingin membuat citra bahwa kotanya merupakan tempat yang aman bagi turis atau imigran.

"Sebuah hal baik untuk Amerika, terutama Philadelphia, bahwa orang bisa datang ke sini, merasa aman, dan dihormati," tambahnya.

Dia juga mengajak masyarakatnya untuk mendatangi restoran Indonesia untuk mengenal budayanya.

"Saya belum ke Indonesia, tetapi saya sangat ingin ke sana. Masakan-masakannya sangat harum, saya berharap masyarakat datang untuk mencicipi makanan di restorannya," ujarnya lagi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral