Ilustrasi Kesenian Wayang Kulit.
Sumber :
  • ANTARA

Diprotes Netizen Karena Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Minta Maaf

Selasa, 16 November 2021 - 08:40 WIB

Jakarta - Adidas Singapura akhirnya mengakui Wayang Kulit dalam desain sepatu UltraBoost terbarunya merupakan kebudayaan asli Indonesia. Adidas pun minta maaf terutama kepada netizen Indonesia.

Dalam postingan di akun Instagram @adidassg, Adidas menyatakan bahwa Wayang Kulit menjadi bagian signifikan dari kebudayaan Malaysia. Namun pihak Adidas tetap mengakui bahwa Wayang Kulit berasal dari Indonesia.

"Kami dengan tulus meminta maaf atas pelanggaran yang tidak disengaja yang mungkin telah dilakukan, dan sekarang telah mengubah pos kami," berikut kutipan berbahasa inggris di akun @adidassg

Adidas juga memastikan bahwa pihak brand dan seniman dalam desain terbarunya tidak bermaksud untuk mengklaim kebudayaan Indonesia.

Sebelumnya Adidas Singapura dikecam netizen karena menyebut Wayang kulit berasal dari Malaysia. Hal itu terungkap dari postingan Adidas saat peluncuran sepatu terbarunya pada 11 November 2021 lalu. 

"Merayakan warisan budaya Malaysia melalui mata @JAEMYC, dalam city pack UltraBOOST DNA selanjutnya. Rancangan ini berbicara tentang penghormatan terhadap wayang kulit, bagian penting dari identitas warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur wayang kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan lama yang bertemu pendekatan baru di UltraBOOST DNA,". 

Kini unggahan itu telah diubah oleh Adidas, mengganti kata Malaysia menjadi Indonesia. Ner

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral