Dok. gambar diambil dari video dan disiarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia, memperlihatkan dua pesawat perang Prancis Mirage 2000 dan Rafale dilacak oleh jet tempur Rusia Su-27 di atas Laut Hitam (9/12/2021)..
Sumber :
  • Antara

Rusia Cegat Pesawat Nirawak AS di Atas Laut Hitam

Minggu, 6 Agustus 2023 - 21:19 WIB

tvOnenews.com - Rusia mengerahkan jet tempur Su-30 setelah mendeteksi sebuah kendaraan udara nirawak (UAV) MQ-9A Reaper dari Amerika Serikat mendekati Laut Hitam.

Pesawat Su-30 dikirim untuk melakukan tugas pertahanan udara dan mengidentifikasi target serta mencegah pelanggaran perbatasan negara.

"Awak tempur pesawat Rusia mengidentifikasi target di udara sebagai UAV pengintai MQ-9A Reaper milik Angkatan Udara AS," katanya.

Setelah pendekatan pesawat Rusia, UAV tersebut dilaporkan mundur dari perbatasan.

"Jet tempur Rusia kembali ke pangkalan dengan aman, tidak membiarkan adanya pelanggaran perbatasan negara Federasi Rusia. Penerbangan pesawat Rusia dilakukan sesuai aturan internasional yang mengatur penggunaan perairan netral di wilayah udara," lanjutnya.

Pada 14 Maret, Komando Eropa AS (EUCOM) mengumumkan bahwa dua pesawat Su-27 Rusia mengganggu UAV MQ-9 AS di atas Laut Hitam, dan MQ-9 tersebut jatuh ke perairan internasional.

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya mengatakan UAV MQ-9 AS melanggar area terlarang sementara yang diberitahukan kepada semua pengguna wilayah udara karena "operasi militer khusus" Ukraina, yang sesuai dengan standar internasional.(ant/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral