Negeri Tirai Bambu Enggan Gabung ke Kelompok Pemantau Pembuangan Limbah Nuklir.
Sumber :
  • Istimewa

Negeri Tirai Bambu Enggan Gabung ke Kelompok Pemantau Pembuangan Limbah Nuklir

Kamis, 31 Agustus 2023 - 22:56 WIB

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China  atau yang akrab disebut negeri Negeri Tirai Bambu, Wang Wenbin enggan menyambut tawaran Jepang soal keikutsertaan dalam kelompok ahli yang memonitor pembuangan air limbah nuklir Fukushima.

"Kami telah mengkomunikasikan keprihatinan kami kepada Jepang berdasarkan basis ilmu pengetahuan dan fakta dan telah melibatkan Jepang secara bilateral dan multilateral untuk berulang kali menyatakan pandangan dan keprihatinan lembaga-lembaga profesional China," kata Wang Wenbin Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tirai Bambu itu kepada media di Beijing, Kamis (31/8/2023).

Sebelumnya Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengundang China untuk bergabung dalam kelompok para ahli yang memonitor pembuangan air limbah nuklir Fukushima, menyusul larangan impor produk laut yang diberlakukan oleh Beijing kepada Tokyo.

PM Kishida mengatakan Jepang akan terus melakukan advokasi kepada China agar para ahli dari kedua negara terlibat dalam diskusi komprehensif berdasarkan bukti ilmiah.

"Selain itu, China dan Rusia menyampaikan tiga daftar pertanyaan teknis bersama kepada Jepang untuk meminta klarifikasi mengenai rencana pembuangan limbah ke laut. Jepang telah gagal memberikan jawaban yang tulus dan mengatasi kekhawatiran kami," ungkap Wang Wenbin.

Bahkan Jepang, menurut Wang Wenbin, telah membuat tuduhan tidak berdasar mengenai negara-negara tetangganya padahal kekhawatiran itu disebut sah-sah saja.

"Jepang akhirnya membuang air yang terkontaminasi nuklir ke laut. Ini bukanlah sikap atau pendekatan yang tepat untuk menyelesaikan masalah," kata Wang Wenbin.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral