Logo WHO.
Sumber :
  • Associated Press

WHO Minta Kepada Dunia Internasional Agar Tak Bergantung pada Vaksin Semata dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Kamis, 25 November 2021 - 05:33 WIB

Jenewa, Swiss - Badan kesehatan dunia atau WHO meminta kepada dunia internasional agar tidak bergantung pada vaksin semata dalam menghadapi Covid-19. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dari kantor WHO di Jenewa, Swiss pada Rabu (24/11/2021) waktu setempat.

Hal ini didasarkan pada tingkat vaksinasi  di negara-negara Eropa yang tergolong tinggi namun, akhir-akhir ini justru terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Menurut Tedros, WHO khawatir adanya kesalahpahaman jika vaksin bisa mengakhiri pandemi Covid-19 juga kesan kalau orang yang telah divaksinasi tidak perlu menjalankan protokol kesehatan.

Tedros melanjutkan jika vaksin hanya akan membuat seseorang menjadi tidak bergejala berat atau mengalami kematian jika terpapar Covid-19. Namun masih ada kemungkinan besar tertular atau menularkan Covid-19 ke orang lain.

Tedros menyebut sementara uni eropa kini tengah menjadi episentrum pandemi Covid-19, belum ada negara atau wilayah yang benar-benar aman dari Covid-19.

Ia mendesak agar pemerintahan negara di dunia meningkatkan dan menggalakkan protokol kesehatan untuk mencegah gelombang penularan Covid-19 yang baru ke depannya. Tak sampai di situ, Tedros turut meminta para pemimpin dunia berbagi vaksin dengan negara-negara miskin.

Pada pekan lalu WHO mencatatkan adanya kenaikan 11 persen kasus harian Covid-19 di negara-negara Eropa. Satu-satunya wilayah di dunia di mana penularan Covid-19 terus meningkat sejak pertengahan Oktober.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral