Ilustrasi bencana kekeringan..
Sumber :
  • Antara

Hutan Hujan Amazon Kering, Brazil Umumkan Keadaan Darurat

Rabu, 27 September 2023 - 23:29 WIB

tvOnenews.com - Pemerintah negara bagian Amazonas di Brazil, mengumumkan keadaan darurat di 13 kota akibat kekeringan akut.  Sementara 16 kota lainnya diperintahkan untuk siaga. Pengumuman ini dikeluarkan hari Selasa waktu setempat.

Hutan hujan Amazon di Brazil berkutat dengan kekeringan yang akut, dan memaksa pemerintah mengeluarkan peringatan mengenai kemungkinan dampaknya terhadap 500 ribu penduduk sampai akhir tahun ini.

Pada 21 September, tingkat ketinggian air di Sungai Solimoes (sungai yang mengalir dari perbatasan Brazil-Peru) sangat rendah hingga minus 43cm. Keadaan ini membuat warga setempat kesulitan mendapatkan bahan pokok seperti makanan dan air. 

Di wilayah ini, aliran sungai menjadi moda transportasi utama, namun permukaan sungai mencapai titik terendah sepanjang masa. Kekeringan juga mempengaruhi aktivitas perikanan yang menjadi sumber utama masyarakat tepi sungai.

Menurut badan perlindung sipil Brazil, kekeringan diperkirakan berlangsung lebih lama dan intens akibat fenomena cuaca El Nino, yang menghambat pembentukan awan hujan.

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral