Warga Palestina di kamp pengungsi Palestina al-Bass, di kota pelabuhan selatan Tyre, Lebanon, merayakan serangan yang dilakukan kelompok militan Hamas terhadap Israel..
Sumber :
  • (AP Photo/Mohammed Zaatari)

Beri Solidaritas untuk Palestina, Tentara Hizbullah Luncurkan Roket ke Israel

Minggu, 8 Oktober 2023 - 16:05 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Kelompok militan Hizbullah Lebanon menembakkan puluhan roket dan peluru yang diarahkan ke tiga posisi Israel di wilayah sengketa di sepanjang perbatasan negara itu dengan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel di Suriah, Minggu (8/10/2023). 

Dikutip dari AP Newsroom, Hizbullah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan yang menggunakan “roket dan peluru dalam jumlah besar” merupakan bentuk solidaritas terhadap “perlawanan Palestina.” 

Dikatakan bahwa posisi Israel terkena serangan langsung. Militer Israel membalas serangan di wilayah Lebanon, namun belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Sementara itu, pasukan penjaga perdamaian PBB yang dikerahkan di sepanjang perbatasan selatan Lebanon menyerukan “semua orang untuk menahan diri”.

Pasukan PBB juga minta para pihak memanfaatkan “mekanisme penghubung dan koordinasi untuk menurunkan ketegangan” dan mencegah memburuknya situasi keamanan dengan cepat. 

Pernyataan itu muncul tak lama setelah Hizbullah mengatakan pihaknya menembaki posisi Israel di Peternakan Chebaa yang disengketakan di sepanjang perbatasan dengan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel di Suriah. 

Pasukan yang dikenal sebagai UNIFIL mengatakan pihaknya melakukan kontak dengan pihak berwenang di kedua sisi perbatasan di semua tingkatan “untuk mengatasi situasi dan menghindari eskalasi yang lebih serius.”
(ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral