Thailand.
Sumber :
  • Pexels

5 Negara yang Tidak Pernah Dijajah, Ada Tetangga Indonesia

Senin, 26 Februari 2024 - 21:47 WIB

tvOnenews.com - Negara Indonesia resmi berdiri setelah merdeka dari jajahan Belanda dan Jepang. Namun tahukah Anda ada negara tetangga Indonesia yang ternyata tidak pernah dijajah bangsa manapun?

Dalam sejarah, kolonisasi atau penjajahan biasanya bertujuan untuk mengeksploitasi sumber daya alam negara jajahan dan menguasainya secara politik, militer, dan budaya.

Penjajahan dunia dimulai oleh bangsa Eropa pada akhir abad ke-15. Dimulai dengan kedatangan Christopher Columbus di bawah naungan Raja Katolik pada tahun 1492 ke benua Amerika. 

Kerajaan Spanyol dan Kerajaan Portugis merupakan dua negara Eropa yang mengawali penjajahan, kemudian disusul oleh Kerajaan Inggris, Perancis dan Belanda pada abad ke-17.

Antara abad ke-16 dan ke-20, kekuatan-kekuatan Eropa berusaha mengendalikan seluruh dunia dan seluruh kekayaannya. 

Mereka berhasil menguasai sebagian besar Amerika, Afrika, Australia, dan Asia. Namun, ada beberapa negara yang tidak terjajah oleh raksasa barat.

Dari sejumlah negara yang tidak pernah terjajah, tvOnenews.com merangkum setidaknya ada 5 negara yang tidak pernah dijajah, salah satunya tetangga Indonesia:

(Photo: Pexels)

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral