Bangunan runtuh di Hualien..
Sumber :
  • APTN

Gempa Taiwan, 9 Orang Tewas dan 70 Pekerja Tambang Terjebak

Rabu, 3 April 2024 - 21:12 WIB

tvOnenews.com - Gempa terkuat dalam seperempat abad mengguncang Taiwan pada jam sibuk pagi hari Rabu, menewaskan sembilan orang, puluhan pekerja tambang terjebak dan penduduk berebut keluar jendela bangunan yang rusak. Peringatan tsunami dipicu tetapi kemudian dicabut.

Gempa, yang juga melukai ratusan orang, berpusat di lepas pantai pedesaan, pegunungan Hualien County, di mana beberapa bangunan bersandar pada sudut yang parah, lantai dasar mereka hancur. Lebih dari 150 kilometer (93 mil) jauhnya di ibu kota Taipei, ubin jatuh dari gedung-gedung tua, dan sekolah-sekolah mengevakuasi siswa mereka ke lapangan olahraga, melengkapi mereka dengan helm keselamatan kuning. Beberapa anak menutupi diri mereka dengan buku pelajaran untuk menjaga terhadap benda-benda yang jatuh saat gempa susulan berlanjut.

Gambar-gambar televisi menunjukkan tetangga dan petugas penyelamat mengevakuasi warga, termasuk seorang balita, melalui jendela dan ke jalan, setelah pintu-pintu tertutup rapat karena guncangan. Semua tampak bergerak, kaget tetapi tanpa cedera serius.

Taiwan secara teratur tersentak oleh gempa dan penduduknya termasuk yang paling siap, tetapi pihak berwenang mengatakan mereka memperkirakan gempa bumi yang relatif ringan dan karenanya tidak mengirimkan peringatan. 

"Saya sudah terbiasa dengan (gempa bumi). Tapi hari ini adalah pertama kalinya saya takut menangis akibat gempa bumi," kata Hsien-hsuen Keng, seorang warga yang tinggal di apartemen lantai lima di Taipei. 

"Saya terbangun oleh gempa bumi. Saya belum pernah merasakan guncangan yang begitu kuat sebelumnya."

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
19:40
00:44
02:52
08:59
04:19
Viral