Ilustrasi - Lapangan Kim Il-Sung di Pyongyang, Korea Utara..
Sumber :
  • (Pixabay) (Pixabay)

Perkuat Kerjasama China-Korut, Anggota Parlemen China Bertolak ke Korut

Jumat, 12 April 2024 - 11:15 WIB

Seoul, tvOnenews.com - Parlemen China, bertemu dengan pejabat senior Korea Utara. Pertemuan keduanya membahas cara-cara memperkuat hubungan kedua negara.

Melansir media nasional Korut KCNA, Jumat (12/4/2024) anggota parlemen China diwakili Zhao Leji, sementara Korut diwakili pejabat senior Choe Ryong-hae.

“Mereka juga bertukar pandangan mengenai kerja sama bilateral, serta isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian bersama,” kata KCNA tanpa penjelasan lebih lanjut.

Zhao dan Choe membahas isu-isu yang dapat mendorong pertukaran dan kerja sama di semua bidang, termasuk politik, ekonomi dan budaya, guna mengembangkan lanjut hubungan tradisional Tiongkok-Korut, kata KCNA. 

Senada dengan Pyongyang, Kementerian Luar Negeri China menyatakan Zhao, ketua Kongres Rakyat Nasional China, menekankan harapan Beijing pada pertukaran kunjungan pejabat tinggi dan kerja sama timbal balik dengan Korut pada kesempatan tahun persahabatan ini.

Keduanya juga menandatangani dokumen kerja sama di bidang-bidang seperti pembebasaan visa diplomatik, izin bea cukai, dan tindakan karantina.

Zhao merupakan pejabat tinggi Tiongkok pertama yang mengunjungi Korea Utara sejak merebaknya pandemi COVID-19 pada awal 2020.

Korea Utara tampaknya meningkatkan saling kunjungan pejabat tinggi dengan Beijing seperti dalam upayanya memperluas hubungannya dengan Rusia, termasuk kerja sama militer.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral