Arsip Foto - Puing-piung bangunan gedung konsulat Iran di Damaskus, Suria, usai di hantam serangan udara Israel.
Sumber :
  • Antara Foto

AS Turut Cermati Ketegangan Israel-Iran Usai Serangn Udara Israel ke Konsulat Iran di Damaskus

Jumat, 12 April 2024 - 14:29 WIB

Washington, tvOnenews.com - Meningkatnya ketegangan Israel dengan Iran menyusul serangan Tel Aviv terhadap Konsulat Iran di Suriah awal April ini, membuat Departemen Pertahanan Amerika Serikat ikut mencermati situasi di Timur Tengah,

“Amerika Serikat mempunyai hubungan dekat dengan Israel,” kata Juru Bicara Pentagon Mayor Jenderal Pat Ryder kepada wartawan seperti dilaporkan Anadolu, Kamis.

Pemantauan situasi di Timur Tengah tersebut, ucap Ryder, terlihat dari pembicaraan telepon Menteri Pertahanan Lloyd Austin dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada Kamis sore saat membahas situasi terkini di Timur Tengah.

Ryder mengatakan komitmen Gedung Putih sangat kuat pada keamanan Israel terhadap ancaman Iran dan proksinya. Namun, ia menolak menjelaskan perihal laporan yang menyebutkan bahwa serangan Iran terhadap Israel akan segera terjadi.

“Saya tidak punya bola kristal dan saya tidak akan membahas perihal intelijen secara spesifik,” tuturnya.

Lebih lanjut Ryder mengatakan bahwa sejak awal konflik pada 7 Oktober 2023, AS memiliki dua tujuan utama yaitu memastikan keselamatan dan keamanan pasukan dan warga AS di kawasan serta mendukung "hak Israel untuk membela diri".

“Saat kami memantau potensi ancaman... kami akan terus mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memasukkan langkah-langkah perlindungan pasukan yang diperlukan jika pasukan kami terancam,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
01:54
01:47
15:24
06:34
03:47
Viral