Iron Dome Israel Pontang-panting Cegat Serangan Rudal Iran, Kondisi Pangkalan Udaranya Ironis.
Sumber :
  • istimewa

Reaksi Dunia Internasional Atas Serangan Iran ke Israel: Uni Eropa, Arab, Rusia, China, Inggris, AS, Vatikan hingga Malaysia Memberikan Respons

Senin, 15 April 2024 - 05:06 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Serangan Iran terhadap Israel memicu reaksi dunia internasional. Sejumlah pemimpin negara angkat bicara mengenai aksi berbahaya yang dilakukan Iran tersebut.

Banyak yang mengutuk, tetapi ada juga yang seolah mengatakan bahwa serangan Iran tersebut adalah konsekuensi atas tindakan semena-mena Israel selama ini.

Sebagaimana diketahui, Iran meluncurkan ratusan rudal dan pesawat tanpa awak atau drone ke wilayah Ibu Kota Israel, Tel Aviv, pada Sabtu (13/4/2024) malam waktu setempat.

Terkait hal tersebut, banyak dari pemimpin negara-negara di dunia langsung memberikan reaksi. Negara-negara pro-Israel seperti Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa tentu saja langsung memberikan peringatan keras dan seolah pasang badan.

Beberapa negara meminta semua pihak untuk menahan diri agar konflik tersebut tidak memicu potensi terjadinya perang yang lebih besar. Berikut adalah pernyataan resmi dari dunia internasional terhadap ketegangan yang terjadi antara Iran dan Israel.

1. Uni Eropa

Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan / Wakil Presiden Komisi Eropa,  Josep Borrell, langsung memberikan reaksi keras atas keputusan Iran untuk melancarkan serangan.

"Atas nama negara-negara anggota Uni Eropa, saya mengutuk keras serangan Iran terhadap Israel dan menyerukan kepada semua pihak untuk menahan diri," kata Josep dalam postingannya di X yang dikutip Senin (15/4/2024)

"Saya baru saja berbicara dengan Menlu Iran Abdollahian untuk menyampaikan pesan-pesan ini dan mendesak Iran untuk tidak meningkatkan ketegangan," lanjutnya.

2. Prancis

Menteri Luar Negeri Prancis, Stephane Sejourne, mengatakan bahwa negaranya mengutuk dengan keras serangan yang dilancarkan Iran terhadap Israel.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral