Arsip - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi berbicara dalam pertemuan tahunan para menlu OKI di New York, AS, pada Kamis (22/9/2022)..
Sumber :
  • ANTARA

Retno Marsudi: OKI berutang Kemerdekaan pada Rakyat Palestina

Minggu, 5 Mei 2024 - 16:59 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan seluruh negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) berutang kemerdekaan kepada rakyat Palestina.

Retno mengingatkan kepada para negara anggota OKI tentang keputusan OKI bahwa perdamaian dengan Israel hanya terjadi jika rezim zionis tersebut mengakhiri penjajahan di Palestina.

“Keputusan tersebut memberikan pesan yang kuat kepada Israel bahwa tanpa kemerdekaan bagi Palestina, tidak akan ada hubungan diplomatik. Pesan dan keputusan itu harus dipertahankan,” kata Retno dalam transkrip pidatonya dari Kemlu RI, dikutip Minggu (5/5/2024).

Penjajahan sekaligus genosida yang dilakukan Israel di Jalur Gaza membunuh lebih dari 34 ribu warga Palestina dalam tujuh bulan terakhir.

Retno pun menyerukan agar negara-negara OKI terus bersatu membela keadilan dan kemanusiaan bagi rakyat Palestina.

Negara-negara OKI, kata Retno, juga harus terus memperjuangkan penyaluran bantuan kemanusiaan bagi warga Gaza yang selama ini aksesnya selalu terhambat.

“Kita harus mempertahankan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat di Gaza dengan cara apa pun yang diperlukan untuk melanjutkan dukungan kita terhadap UNRWA. Oleh karena itu, Jaring Pengaman Keuangan Islam yang disepakati di OKI harus segera diaktifkan,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral