Dok. Petugas Bawa Bagasi Tim Korsel yang Akan Mengikuti Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di China.
Sumber :
  • ANTARA

Olimpiade Beijing, Otoritas China: Situasi Covid-19 Masih Terkendali

Selasa, 1 Februari 2022 - 18:00 WIB

Olimpiade - Otoritas China menyatakan situasi Covid-19 di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 masih dalam kendali, meskipun ada peningkatan kasus positif yang terdeteksi.

Komite Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing melaporkan 200 kasus Covid-19 sejak Minggu (23/1/2022) di antara mereka yang tiba di bandara dan yang berada dalam sistem gelembung Olimpiade, yang memisahkan semua orang yang terlibat termasuk atlet, dari publik.

"Semakin banyak orang yang memasuki China, kasus Covid-19 dari luar negeri meningkat," kata Wakil Direktur Jenderal Kantor Pencegahan dan Pengendalian Pandemi Komite Olimpiade Beijing Huang Chun dalam konferensi pers pada Selasa (1/2/2022).

Huang mengatakan meningkatnya kasus juga merupakan hasil dari teknik deteksi Covid-19 yang lebih efektif dan akurat oleh bea cukai.

Penyelenggara pertandingan melaporkan total 24 kasus Covid baru di antara personel terkait Olimpiade pada 31 Januari lalu, 16 di antaranya adalah atlet.

Banyak atlet dilarang mengikuti Olimpiade, yang akan berlangsung pada 4-20 Februari, setelah dinyatakan positif setibanya di bandara. Sementara lebih banyak lagi yang diisolasi setelah tes Covid-19 tetapi tidak menunjukkan gejala.

"Menuju Olimpiade tidak pernah mudah, dan kali ini, sebagai ibu baru, ini adalah yang paling menantang," tulis Elana Meyers Taylor, peraih tiga medali Olimpiade cabang olahraga kereta luncur salju, di media sosial dari hotel isolasinya.

China menerapkan langkah-langkah pengendalian Covid-19 yang ketat, termasuk pengujian asam nukleat yang sering, untuk membantu mencegah klaster-klaster kasus di dalam sistem gelembung yang tertutup.

“(Situasi Covid-19) secara umum masih di bawah kendali yang kami harapkan. Jadi peserta Olimpiade, termasuk atlet, dan masyarakat China tidak perlu khawatir,” kata Huang.

Dia mengatakan penyelenggara Olimpiade tidak mempertimbangkan perubahan besar pada kebijakan pengendalian Covid-19 di Olimpiade.(ant/put)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:44
02:05
04:10
05:46
01:09
15:57
Viral