Petugas kepolisian berpatroli di wisma atlet menjelang penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020.
Sumber :
  • ANTARA

Dua Atlet di Ajang Olimpiade Tokyo Positif Covid-19

Minggu, 18 Juli 2021 - 12:39 WIB

Jakarta, 18/7 - Dua atlet yang tengah mengikuti ajang Olimpiade Tokyo Jepang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. Keduanya positif hanya beberapa hari sebelum Olimpiade 2020 dibuka. Kekhawatiran meningkatnya kasus covid-19 muncul dan berdampak pada lonjakan kasus covid-19 di Jepang.

Jumlah kasus baru harian di Jepang menjadi bertambah dengan dua atlet yang dinyatakan positif, Minggu. Menurut laporan AFP, salah seorang atlet berada di Kampung Atlet, sementara satunya lagi di tempat lain. Mereka datang sehari setelah seseorang menjadi kasus pertama di Kampung Atlet Olimpiade.

Menurut laporan Reuters, salah satu tim yang harus karantina mandiri adalah tim olahraga Judo dari Brasil. Dari total 49 anggota tim itu, 8 orang terdeteksi terkena Covid-19 sehingga semua orang dalam tim itu, harus karantina mandiri.     

“Petugas dari pusat kesehatan masyarakat sedang melacak siapa saja close contact mereka,” kata seorang petugas hotel Hamanako, yang dijadikan tempat karantina mandiri.      

Atlet Olimpiade lainnya yang berstatus dalam karantina mandiri karena positif Covid-19 atau karena close contact adalah atlet dari Uganda, Serbia, Israel dan beberapa negara lainnya. Komite penyelenggara Olimiade belum mau berkomentar saat ditanya detail oleh Reuters mengenai hal ini.

Kampung Atlet, yang terdiri dari kompleks apartemen dan ruang makan, akan menampung 6.700 atlet dan ofisial pada puncaknya ketika Olimpiade 2020 dimulai. Olimpiade Tokyo, yang sebagian besar akan diadakan secara tertutup untuk mencegah penyebaran virus corona, mendapat penolakan dari warga Jepang di mana survei secara konsisten menunjukkan kurangnya dukungan.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, Sabtu, meminta warga Jepang untuk mendukung Olimpiade, dengan mengatakan dia "sangat menyadari skeptisisme" seputar acara tersebut. ner/antara

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral