Proses Penggantian Kiswah Kakbah, Tradisi Tahunan di Masjidil Haram, Mekkah.
Sumber :
  • Twitter @HaramainInfo

Kiswah Ka'bah Diganti Senin Pagi, Begini Prosesnya

Senin, 19 Juli 2021 - 12:26 WIB

Mekkah, Arab Saudi - Kain hitam penutup Ka'bah atau kiswah mulai dilakukan pergantian jelang pelaksanaan puncak ibadah haji pada 9 Dzulhijjah 1442 hijriah yang bertepatan dengan hari ini Senin (19/7).

Kiswah memang biasa diganti setahun sekali yaitu saat musim haji tiba seusai dengan tradisi tahunan jelang wukuf di arafah.

Dari video yang dilansir Saudi TV, kain Kiswah Ka'bah yang beratnya mencapai 1.150 kilogram itu dibawa dari tempat khusus di kompleks Malik Abdul Aziz lokasi pembuatan kiswah, menggunakan truk.

Butuh puluhan orang untuk mengangkat kiswah ke pelataran Ka’bah dengan pengawalan aparat keamanan. Sementara itu petugas pemasangan kiswah bahkan harus menggunakan crane khusus untuk menaikkan Kiswah hingga menutupi setiap sudut Ka'bah.

Pergantian Kiswah diawali dengan menaikkan kain Kiswah baru di setiap sudutnya dengan tali, lalu secara perlahan Kiswah lama diturunkan.

Kiswah penutup Ka'bah yang berukuran 658 meter persegi, membutuhkan 670 kilogram bahan berkualitas tinggi, yaitu kain sutra hitam asli berkualitas tinggi, 120 kilogram benang emas, dan 100 kilogram benang perak, berdasarkan keterangan Reasahalharamain lembaga resmi yang mengurusi dua masjid suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi).

Di bagian atas Kiswah terdapat sabuk yang ditulisi kaligrafi lafaz syahadat dan ayat ayat Al-Quran. Sulaman timbul tulisan-tulisan di bagian atas kiswah dibuat dengan tangan menggunakan benang emas dan perak asli. (mat/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral