Unjuk Rasa Berakhir Bentrok di Nepal.
Sumber :
  • Reuters

Aksi Protes Soal Proposal Bantuan Dana dari AS di Gudung Parlemen Nepal Berkahir Bentrok

Senin, 21 Februari 2022 - 06:00 WIB

Kathmandu, Nepal - Aksi protes warga Nepal di depan gedung parlemen di kota Kathmandu pada Minggu (20/2/2022) waktu setempat berkahir dengan bentrokan.

Warga Nepal kembali mengepung gedung parlemen negara itu, dalam aksi unjuk rasa terbaru menentang ratifikasi proposal bantuan dana dari Amerika Serikat. Massa yang berusaha menerobos barikade pihak kepolisian akhirnya terlibat bentrokan.

Aparat terpaksa menembakan gas air mata, meriam air serta memukuli massa dengan tongkat bambu untuk memukul mundur para pengunjuk rasa. Akibatnya sejumlah pengunjuk rasa dan aparat kepolisian terluka.

The Millenium Challenge Corporation badan bantuan Amerika Serikat setuju menggelontorkan dana bantuan sebesar 500 juta Dolar Amerika Serikat kepada Nepal untuk membiayai pembangunan jalan sepanjang 300 kilometer, jaringan lsitrik dan peningkatan ruas jalan.

Menurut pejabat Nepal, bantuan tersebut tidak perlu dikembalikan dan tidak perlu jaminan namun pihak oposisi Nepal menyatakan bantuan itu akan melemahkan hukum dan kedaulatan Nepal karena tidak ada supervisi terhadap proyek-proyek pembiayaan.

Meski kencangnya penolakan, Menteri Komunikasi dan Informasi Teknologi Nepal, Gyanendra Bahadur Karki tetap menyodorkan proposal itu ke parlemen dan menyebut proyek-proyek tersebut akan bermanfaat bagi 24 juta dari 30 juta warga Nepal.

Nepal memang bergantung pada bantuan internasional dalam pembangunan negaranya yang disalurkan oleh Nepal Development Forum yang anggotanya adalah negara-negara dan organisasi-organisasi internasional. (reu/andika/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:54
01:37
03:14
01:14
02:07
02:34
Viral