Unjuk Rasa Bentrok di Sudan.
Sumber :
  • Associated Press

Unjuk Rasa Ratusan Warga Sudan Tuntut Pemerintahan Militer Turun Berakhir Bentrok

Selasa, 8 Maret 2022 - 06:40 WIB

Khartoum, Sudan - Ratusan warga Sudan turun ke ruas jalan ibu kota Khartoum Senin (7/3/2022) waktu setempat untuk terus menuntut turunnya pemerintahan militer. Unjuk rasa terbaru ini kembali diwarnai bentrokan dengan aparat kepolisian.

Aparat menembakkan gas air mata ke arah massa namun massa dengan berani melemparkan kembali gas air mata tersebut ke aparat

Unjuk rasa ini dipicu oleh kudeta militer Sudan pada Oktober lalu untuk menyingkirkan pemerintahan sipil yang hendak menuntut Sudan ke negara demokrasi. Namun justru proses tersebut tertunda.

Jalan terjal dialami Sudan sejak militer menggulingkan pemerintahan otoriter Omar Al Bashir pada April 2019. Sejak saat itu pengunjuk rasa pro demokrasi menuntut agar pihak militer menyerahkan kekuasaan sepenuhnya kepada pihak sipil agar proses transisi ke negara demokrasi bisa kembali dilakukan.

Namun, para jenderal militer bersikeras mereka akan meneyrahkan kekuasaan hanya pada pemerintahan terpilih. Pemilihan Presiden di Sudan baru akan digelar pada tahun depan. (ap/andika/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:54
01:37
03:14
01:14
02:07
02:34
Viral