Dokumentasi Antalya, Turki.
Sumber :
  • Getty Images via RT.com

Menlu Rusia dan Ukraina Bertemu di Turki untuk Negosiasi Perdamaian

Kamis, 10 Maret 2022 - 12:47 WIB

Antalya, Turki - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey dan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba dilaporkan telah mendarat di Turki. Mereka akan bertemu untuk bernegosiasi membicarakan invasi di Ukraina. Kedua belah pihak akan memberikan tawaran untuk negara masing-masing.

Kementerian Luar Negeri Moskow mengonfirmasi bahwa Lavrov telah berangkat ke kota Antalya di Turki pada hari Rabu (9/3/2022). Sementara media lokal telah melaporkan bahwa Lavrov dan Kuleba telah tiba di Turki. Mereka akan membicarakan perdamaian, yang dijadwalkan pada hari Kamis (10/3/2022) di Hotel Regnum Carya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleg Nikolenko juga telah mengonfirmasi kedatangan Kuleba ke resor melalui akunnya di Twitter.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada hari Senin (7/3/2022) menyebut pertemuan tersebut menjadi titik balik dan langkah penting menuju perdamaian dan stabilitas.

Dia mengatakan pembicaraan itu difasilitasi Ankara.

Sementara Gedung Putih menyebutkan, Presiden AS Joe Biden akan mengadakan panggilan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk membahas situasi di Ukraina juga pada hari Kamis.

Pertemuan di Antalya akan mengikuti tiga putaran pembicaraan di Belarus – sekutu dekat Rusia – yang menghasilkan rencana koridor kemanusiaan terbatas di beberapa kota Ukraina. Sejak itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengisyaratkan bahwa pihaknya bersedia membahas tuntutan utama Rusia, termasuk pengakuan Krimea sebagai wilayah Rusia dan status republik Donetsk dan Lugansk yang memisahkan diri. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral