Workshop dan Pelatihan Gamelan yang Digelar di Aula Principal Hall, Kampus USFQ, Quito.
Sumber :
  • tim tvOne/ Miranti Hirschmann

Gamelan Indonesia Diperkenalkan di Ekuador

Jumat, 18 Maret 2022 - 20:11 WIB

Quito, Ekuador - KBRI Quito bekerjasama dengan Universidad San Fransisco de Quito (USFQ) Ekuador menyelenggarakan workshop dan pelatihan gamelan selama empat hari berturut-turut, mulai tanggal 14 – 17 Maret 2022 di  aula Principal Hall kampus USFQ di Quito.

Workshop terbagi dalam beberapa sesi yang diikuti oleh para  mahasiswa USFQ dari berbagai jurusan. Workshop ini dipandu oleh pengajar gamelan, Bapak Joko Ngadimin asal Solo,  yang bermukim selama tiga bulan di Ekuador.

Dalam workshop, pemandu tidak hanya mengajarkan tentang bagaimana memainkan saron, demung, kenong, gong atau kendang, namun juga memberi pemahaman mengenai sejarah dan jenis gamelan di Indonesia.

Pada pembukaan workshop, disuguhkan pertunjukkan gamelan dan tari yang ditampilkan tim seni KBRI Quito. Tim seni KBRI menampilkan lima tembang tradisional antar lain 'Ilir-ilir', 'Lesung Jumengglung', tidak ketinggalan 'Mars Quito' ciptaan Bapak Joko Ngadimin.  

Kesemuanya dimainkan dengan apik dan memancing riuh tepuk tangan penonton pada setiap akhir tembang. Para penonton merupakan sekitar 150 mahasiswa yang memanfaatkan jeda waktu diantara perkuliahan, dengan menyaksikan pertunjukkan gamelan di aula kampus mereka.

Dalam sambutannya Dubes RI Agung Kurniadi mengungkapkan maksud penyelenggaraan workshop, yaitu memperkenalkan generasi muda Ekuador pada keragaman budaya Indonesia.

“Ini merupakan salah satu wujud diplomasi budaya KBRI Quito untuk merangkul publik di Ekuador, kali ini fokus sasarannya mahasiswa,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral