Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.
Sumber :
  • Associated Press

Ekspor Gandum Terganggu Akibat Perang, Presiden Ukraina Peringatkan Krisis Pangan Dunia

Rabu, 23 Maret 2022 - 06:15 WIB

Keiv, Ukraina - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy peringatkan kemungkinan krisis pangan dunia menyusul terganggunya ekspor gandum Ukraina akibat perang.

Hal tersebut dikatakan oleh Presiden Zelenskyy dalam video pidatonya  di depan parlemen Italia pada Selasa (23/3/2022) waktu Ukraina. Dirinya tidak yakin Ukraina bisa melakukan ekspor jika kota-kota pelabuhan di sana diambil alih atau diblokade oleh Rusia.

Ia juga menyebutkan jika Rusia memasang ranjau dekat pesisir Ukraina yang berpotensi menimbulkan ancaman bagi negara-negara tetangga karena ranjau tersebut dapat terseret ke laut.

Presiden Zelenskyy mendesak agar parlemen Italia meningkatkan tekanan terhadap ekonomi Rusia dengan menerapkan embargo perdagangan. Melarang kapal Rusia masuk ke Italia serta memblokir properti atau rekening milik pengusaha Rusia yang memiliki hubungan dengan presiden Putin.

Selama ini Ukraina merupakan salah satu pengekspor pangan terbesar di dunia. Presiden Zelenskyy turut mengungkap jika sejak dimulainya invasi sudah 117 tewas di Ukraina, dan meminta pihak barat lebih menekan Rusia untuk mengakhiri perang jika tidak ingin lebih banyak warga yang tewas. (ap/andika/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:01
04:52
02:24
01:58
06:18
02:03
Viral