Kantor Partai Demokrat Kurdistan Dibakar Milisi Syiah.
Sumber :
  • Associated Press

Pendukung Milisi Syiah Bakar Kantor Partai Demokrat Kurdistan di Baghdad Irak

Selasa, 29 Maret 2022 - 05:52 WIB

Baghdad, Irak - Pendukung milisi Syiah membakar kantor Partai Demokrat Kurdistan atau KDP di Baghdad, Irak pada Senin (28/3/2022) dini hari waktu setempat.

Pembakaran terjadi setelah mantan kandidat parlemen dari partai tersebut mengkritik Ayatollah Ali Al-Sistani, Ulama Syiah terkemuka di Irak.

Sekelompok orang menyerbu gedung setelah Naif Jardo, kandidat partai KDP untuk pemilihan parlemen Irak 2018 mengatakan, otoritas tertinggi Syiah Irak harus keturunan Arab bukan seseorang dari India, Afghanistan atau Persia. Pernyataan tersebut dianggap menjurus pada Ayotallah yang berasal dari Iran.

Kementerian Dalam Negeri pemerintah daerah Kurdistan mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Naif Jardo telah ditangkap dan kebebasan berekspresi tidak untuk menghina tokoh agama. KDP mengatakan pernyataan Naif Jardo mengekspresikan pandangan pribadinya dan tidak memiliki hubungan dengan partai.

Insiden pembakaran terjadi di tengah ketegangan yang meningkat di Irak. Ketika anggota parlemen gagal untuk kedua kalinya pada hari Sabtu (26/3/2022)  untuk memilih kepala negara. Hal ini semakin memperdalam krisis politik yang dipicu oleh pertikaian elit politik setelah pemilihan federal lima bulan lalu. (ap/andika/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:56
07:36
01:53
01:21
01:08
01:52
Viral