Petugas Berupaya Padamkan Kebakaran Hutan di Turki.
Sumber :
  • APTN

Kebakaran Hutan di Turki Ancam Permukiman

Jumat, 6 Agustus 2021 - 13:41 WIB

Milas, Turki - Otoritas Turki mengevakuasi ribuan warga di tiga kawasan di Kota Milas, menyusul kobaran api yang semakin menjalar ke wilayah permukiman. Angin kencang dan cuaca yang panas membuat api cepat meluas sehingga menyulitkan upaya pemadaman.

"Api terus menjalar ke Turkevleri, Akcakaya, Feslegen, Gurcegiz. Bagaimana (kebakaran hutan) ini bisa segera diatasi?" keluh Mesut Yilmaz, warga Gurceyiz yang terpaksa mengungsikan hewan ternaknya ke desa tetangga.

Hingga memasuki pekan kedua, upaya pemadaman kebakaran hutan masih terus dilakukan oleh petugas Dinas Kebakaran dan relawan.

Gelombang panas yang melanda wilayah selatan Eropa dan Afrika Utara, telah memicu kebakaran hutan di sejumlah wilayah Mediterania, termasuk di Italia dan Yunani. Cuaca panas diperkirakan akan terjadi di Turki dan Yunani hingga akhir pekan ini.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan, negara Turki saat ini sedang berjuang melawan kebakaran hutan terburuk. Kebakaran terus menyebar ke pembangkit listrik di barat daya negara tersebut, setelah melalap sebagian besar hutan menjadi abu.

Erdogan mengakui, pemerintah tidak memiliki pesawat pemadam, yang bisa membantu mempercepat upaya pemadaman. Bantuan berupa pesawat pemadam pun didatangkan dari sejumlah negara seperti Ukraina, Rusia, Azerbaijan, Iran, Spanyol, dan Kroasia.

Kebakaran hutan di Turki telah menewaskan delapan orang, memaksa ribuan penduduk dan turis meninggalkan rumah serta tempat peristirahatan mereka. (aptn/mps/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral