Cora, Tamandua Selatan di Kebun Binatang San Diego, AS, tengah Menggendong Bayinya.
Sumber :
  • APTN

Hore ... Ada Bayi Tamandua di Kebun Binatang San Diego

Sabtu, 7 Agustus 2021 - 11:20 WIB

San Diego, AS - Hewan tamandua selatan di kebun binatang San Diego, Amerika Serikat, baru saja melahirkan bayi perempuannya. Bayi tamandua selatan yang lahir pada 21 Juli ini, merupakan bayi pertama dari pasangan Cora dan Fernando.

Kelahiran bayi tamandua selatan ini disambut gembira, mengingat populasi hewan ini yang semakin berkurang. Diperkirakan populasi tamandua selatan di dunia kurang dari 5.000 ekor.

Penjaga kebun binatang San Diego mengatakan, Cora, merupakan ibu yang penuh perhatian dan selalu menggendong bayinya di punggung. Bayi tamandua selatan yang belum diberi nama itu juga dalam kondisi sehat dan lincah, serta sudah pandai memanjat punggung ibunya. Ibu tamandua biasanya menggendong bayi di punggungnya selama enam bulan.

Hewan tamandua selatan memiliki bulu berwarna terang, sehingga terlihat seperti beruang kutub kecil, tetapi bermoncong panjang. Tamandua selatan umumnya dikenal sebagai Trenggiling Pohon.

Tamandua selatan merupakan hewan pemakan serangga, terutama semut dan rayap. Dengan moncongnya yang panjang, tamandua selatan mampu menghisap ribuan semut dan rayap hanya dalam beberapa menit saja.

Binatang ini sangat penyendiri pendiam dan hampir tidak mengeluarkan suara kecuali saat terancam atau berkelahi.

Tamandua kadang-kadang disebut  sebagai "hewan bau hutan" karena dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau menyengat itu 4-7 kali lebih buat dari bau hewan sigung dan disemprotkan agar pemangsanya menjauh. (aptn/ika)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
04:27
01:33
02:33
01:15
01:45
Viral