Seorang warga terlihat di balik pembatas yang menutup area yang dikunci di tengah wabah COVID-19 di Shanghai, China, 14 April 2022..
Sumber :
  • Antara

Sempat Menjadi Episentrum Baru, Shanghai Targetkan Nol Kasus Covid

Minggu, 17 April 2022 - 16:37 WIB

Shanghai, China - Pemerintah Kota Shanghai, China, telah menetapkan target untuk menghentikan penyebaran Covid-19 di luar kawasan karantina pada Rabu (20/4), menurut sumber yang mengetahui hal itu.

Keputusan itu dinilai akan melonggarkan aturan lockdown dan penduduk bisa kembali hidup normal di kota terbesar China tersebut. Target itu mengharuskan para pejabat mempercepat tes Covid dan pemindahan kasus positif ke pusat-pusat karantina.

Shanghai telah menjadi episentrum wabah Covid-19 terbesar di China, sejak virus corona pertama kali ditemukan di Wuhan pada akhir 2019. Kota itu telah mencatat lebih dari 320.000 kasus infeksi sejak awal Maret ketika lonjakan dimulai.

Penduduk kota Shanghai yang dikunci telah mengungkapkan frustrasi mereka atas sulitnya mendapatkan pangan, kehilangan penghasilan, berpisah dengan anggota keluarga dan kondisi buruk di pusat-pusat karantina.

Pabrik-pabrik yang ditutup serta kemacetan di sejumlah wilayah akibat pembatasan Covid-19 telah mengganggu rantai pasokan global.

Sasaran baru Shanghai untuk mencapai "level komunitas nol Covid" hingga 20 April baru-baru ini disosialisasikan oleh kader Partai Komunis kota itu ke berbagai organisasi termasuk sekolah, menurut sumber yang menolak disebut namanya.

Definisi China tentang status nol Covid di tingkat komunitas artinya tak ada kasus baru yang muncul di luar kawasan yang dikarantina.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral