Jurnalis Al Jazeera, Shireen Abu Akleh.
Sumber :
  • viva

Desakan Dubes AS dan Kantor HAM PBB Atas Tewasnya Jurnalis Senior AL Jazeera Shireen Abu Akleh Oleh Pasukan Israel

Kamis, 12 Mei 2022 - 04:48 WIB

Jakarta, tvOne

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Israel, Tom Nides, telah menyerukan penyelidikan menyeluruh atas pembunuhan seorang jurnalis veteran Al Jazeera Shireen Abu Akleh. 

Abu Akleh ditembak mati oleh pasukan Israel pada Rabu 11 Mei 2022, ketika dia sedang melaporkan serangan Israel di Jenin, Tepi Barat, menurut laporan otoritas dan saksi Palestina. 

Dikutip dari laman viva.co.id yang melansir dari Al Jazeera, Rabu 11 Mei 2022, wartawan lain, Ali al-Samoudi juga terluka oleh peluru di punggung, dan sekarang dalam kondisi stabil.

Nides adalah pejabat AS pertama yang mengomentari pembunuhan Abu Akleh, dia menuliskan dalam sebuah twit di Twitternya, dan membenarkan bahwa Abu Akleh adalah warga negara AS dan Palestina.

“Saya mendorong penyelidikan menyeluruh tentang keadaan kematiannya (Abu Akleh) dan cedera setidaknya satu jurnalis lain hari ini di Jenin,” katanya. 

Pernyataan itu muncul ketika seruan telah berkembang untuk penyelidikan independen atas pembunuhan itu. Kelompok-kelompok hak asasi manusia juga menuduh Israel secara sistematis telah gagal meminta pertanggungjawaban pasukannya karena secara teratur menargetkan wartawan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral