Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.
Sumber :
  • Sean Kilpatrick/The Canadian Press via Viva

Kanada Akhirnya Mengeluarkan UU Pembatasan Senjata Api Nasional

Selasa, 31 Mei 2022 - 14:49 WIB

tvOnenews - Buntut dari maraknya kasus penembakan yang terjadi di Amerika Serikat, Senin (30/5/2022) kemarin, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan undang-undang kontrol senjata api untuk negaranya.

Undang-undang tersebut akan mencakup pembekuan nasional pada senjata api. 

“Tidak mungkin lagi membeli, menjual, mentransfer, atau mengimpor pistol di mana pun di Kanada, setelah RUU ini menjadi undang-undang,” kata Trudeau, dilansir Viva yang dikutip dari Newsweek, Selasa 31 Mei 2022.  

Selain mencegah penyalahgunaan senjata, undang-undang tersebut juga bertujuan untuk memerangi penyelundupan dan perdagangan senjata. Perubahannya dilakukan dengan meningkatkan hukuman pidana serta memperkuat langkah-langkah keamanan perbatasan. 

Isi lain dari undang-undang tersebut salah satunya adalah menghapus lisensi senjata api dari individu yang terlibat dalam tindakan kekerasan dalam rumah tangga atau pelecehan.

“Dan kami akan memastikan bahwa mereka yang dianggap membahayakan diri sendiri atau orang lain harus menyerahkan senjata mereka kepada pihak berwenang,” tambah Trudeau. 

Dua tahun lalu, pemerintah kanada juga telah melarang lebih dari 1.500 jenis senjata api serbu gaya militer.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
Viral