Orang-orang yang selamat digali dengan tangan pada Kamis melalui desa-desa di Afghanistan timur yang hancur menjadi puing-puing oleh gempa bumi kuat yang menewaskan sedikitnya 1.000 orang..
Sumber :
  • aptn

Korban Tewas Akibat Gempa di Afghanistan Mencapai 1000 Orang

Kamis, 23 Juni 2022 - 13:41 WIB

Gayan, Afghanistan — Korban gempa Afghanistan M 6,1 yang ada di desa-desa Afghanistan Timur, mulai melakukan pencarian terhadap korban yang mungkin masih tertimpa runtuhan gedung dengan alat seadanya. Akibat gempa ini diperkirakan sekitar 1000 orang meninggal dunia.

Di distrik Gayan di provinsi Paktika, penduduk desa berdiri di atas batu bata lumpur yang dulunya merupakan rumah di sana. Yang lain dengan hati-hati berjalan melalui lorong-lorong tanah, mencengkeram dinding yang rusak dengan balok kayu terbuka untuk membuat jalan mereka.

Gempa itu adalah yang paling mematikan di Afghanistan dalam dua dekade dan para pejabat mengatakan jumlah korban bisa meningkat. Diperkirakan 1.500 lainnya dilaporkan terluka, kata kantor berita pemerintah.

Bencana yang ditimbulkan oleh gempa berkekuatan Magnitudo 6,1, menimbulkan lebih banyak kesengsaraan di negara di mana jutaan orang menghadapi kelaparan dan kemiskinan yang meningkat dan sistem kesehatan telah runtuh sejak Taliban merebut kembali kekuasaan hampir 10 bulan lalu.

Pengambilalihan itu menyebabkan terputusnya pembiayaan internasional yang vital dan sebagian besar dunia telah menghindari pemerintah Taliban.

“Kami meminta dari Imarah Islam dan seluruh negeri untuk maju dan membantu kami,” kata seorang korban selamat yang bernama Hakimullah. 

“Kami tidak memiliki apa-apa dan tidak memiliki apa-apa, bahkan tenda untuk ditinggali.”(chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
02:13
Viral