Presiden Joko Widodo Bersama Pemimpun Negara G7 pada KTT G7 di Jerman.
Sumber :
  • Presidenri.go.id

Presiden Jokowi Serukan Atasi Krisis Pangan Pada KTT G7, Negara G7 dan G20 Bertanggung Jawab Besar

Selasa, 28 Juni 2022 - 17:29 WIB

Elmau, Jerman - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja untuk menghadiri KTT G7 yang diadakan di Elmau, Jerman (27/6/2022).

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 tersebut, Presiden Joko Widodo menyerukan kepada negara-negara anggota G7 dan G20 untuk bersama mengatasi krisis pangan yang saat ini mengancam rakyat di negara-negara berkembang hingga mencapai kelaparan dan kemiskinan ekstrim.

“323 juta orang di tahun 2022 ini, menurut World Food Programme, terancam menghadapi kerawanan pangan akut. G7 dan G20 memiliki tanggung jawab besar untuk atasi krisis pangan ini. Mari kita tunaikan tanggung jawab kita, sekarang, dan mulai saat ini,” tegas Presiden Jokowi.

Baca Juga Presiden Jokowi Bersama Perdana Menteri India, Presiden RI: Indonesia Beri Dukungan Penuh G20 di India

Presiden berpendapat bahwa pangan merupakan permasalahan Hak Asasi Manusia yang paling mendasar. Kekurangan pangan sangat dirasakan oleh para perempuan dari keluarga miskin karena menghadapi masalah tersebut setiap hari demi kebutuhan pangan bagi anak dan keluarganya. 

“Kita harus segera bertindak cepat mencari solusi konkret. Produksi pangan harus ditingkatkan. Rantai pasok pangan dan pupuk global, harus kembali normal,” ucap Presiden.

Kemudian Presiden Jokowi juga menegaskan penting adanya dukungan dari negara anggota G7 untuk mengintegrasikan ekspor gandum dari Ukraina juga ekspor komoditas pangan dan pupuk dari Rusia dalam rantai pasok global.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:35
03:20
01:47
02:02
00:54
07:24
Viral