Presiden Jokowi dan Vladimir Putin.
Sumber :
  • Setkab RI

Bertemu Presiden Jokowi, Vladimir Putin Ingatkan Bantuan Rusia untuk Indonesia di Masa Lampau

Jumat, 1 Juli 2022 - 13:40 WIB

Moskow, Rusia - Presiden Vladimir Putin mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) jasa Rusia untuk Indonesia di masa awal kemerdekaan, ketika Rusia bernama Uni Soviet.

Pernyataan Vladimir Putin pada Presiden Jokowi itu disampaikan dalam pertemuan di Istana Kremlin, Moskow, Rusia (1/7/2022).

“Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa negara kita (Rusia) membantu Indonesia membangun kenegaraan dan memperkuat posisi republik muda di kancah internasional," ujar Putin.

Putin juga menyinggung soal peran negaranya yang membantu pembangunan infrastruktur Indonesia. Saat itu, Rusia, menurut Putin, banyak mengirim ahlinya untuk Indonesia. 

“Dengan partisipasi para spesialis, insinyur, dan pembangun kami, fasilitas infrastruktur transportasi dan industri besar, stadion, rumah sakit, dan institusi penting lainnya dibangun di Indonesia, banyak di antaranya beroperasi hingga hari ini," ujarnya.

Putin juga menyatakan bahwa banyak perusahaan Rusia yang saat ini ada di Indonesia.  

“Banyak perusahaan kami, termasuk perusahaan energi, beroperasi di Indonesia. Ada ketertarikan untuk mengembangkan industri tenaga nuklir nasional. Dengan pengalaman unik, kompetensi, dan teknologi yang tak tertandingi, Rosatom State Corporation bersedia mengambil bagian dalam proyek bersama, termasuk proyek yang terkait dengan penggunaan non-energi teknologi nuklir, misalnya, di bidang kedokteran dan pertanian," tambahnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
07:09
02:26
00:58
02:21
03:21
Viral