Direktur jendral WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.
Sumber :
  • tvOne

Kritik Pemberian Vaksin Booster, Dirjen WHO Minta Vaksin Dosis Ketiga Ditunda

Kamis, 2 September 2021 - 06:14 WIB

Jakarta, tvOne

Pemimpin Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, mengkritisi pemberian vaksin booster bagi warga yang tinggal di beberapa negara. Sementara warga di negara lain diketahui masih kesulitan untuk mendapatkan vaksin.

Direktur jendral WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan dirinya menentang pemberian vaksin booster bagi orang sehat saat ini. Serta menggarisbawahi perlunya pemberian dosis pertama bagi mereka yang membutuhkan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh pemimpin badan kesehatan PBB dalam Konferensi Pers peresmian gedung kantor Intelijen Pandemi dan Epidemi WHO di kota Berlin, Jerman, pada rabu waktu setempat.

Kepala WHO menyerukan penundaan pemberian suntikan booster setidaknya hingga akhir September. Seruan tersebut sebagai upaya memberikan kesempatan negara-negara lain yang tertinggal dalam mendapatkan vaksin.

“Sejumlah negara saat ini memberikan suntikan booster bagi mereka yang telah mendapatkan vaksin penuh. Sementara jutaan orang di berbagai negara masih belum mendapatkan dosis pertama vaksin COVID-19. Itulah mengapa saya meminta penundaan pemberian vaksin dosis ketiga setidaknya hingga akhir bulan ini," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa dosis ketiga mungkin dibutuhkan bagi populasi yang paling berisiko, di mana ada bukti berkurangnya kekebalan terhadap penyakit parah dan penambahan dalam angka kematian. (umm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral