WHO: Corona Varian Mu Bisa Kebal Vaksin.
Sumber :
  • unsplash/Taylor Brandon

WHO: Corona Varian Mu Bisa Kebal Vaksin

Kamis, 2 September 2021 - 11:27 WIB

Jakarta - Dalam laporan PBB, WHO memperingatkan negara-negara akan bahaya dari Corona varian Mu yang diduga bisa kebal vaksin. Varian ini dengan cepat merebak di wilayah Amerika Latin khususnya negara Kolombia dan Ekuador.

Varian Mu adalah varian kelima yang dimonitor WHO sejak Maret 2021. Varian ini disebut lebih kebal terhadap vaksin dikarenakan adanya mutasi. Namun otoritas kesehatan global ini juga mengatakan bahwa riset lebih lanjut terus dilakukan untuk memastikan kebenaran dari asumsi ini.

Secara global, varian Mu ini hanya menyumbang 0.1 persen dari total kasus akibat Covid-19, namun angka ini terus bertambah hingga mencapai 39% di Kolombia. Pandemi di negara ini sendiri telah merenggut paling tidak 124.811 jiwa. 

Varian Mu pertama kali ditemukan di Kolombia pada Januari 2021. Sejak saat itu kasus penyebaran varian ini terus berkembang di negara-negara lain.

Ilmuwan dan ahli kesehatan masyarakat kini masih menyelidiki apakah varian Mu ini lebih cepat menyebar dan menimbulkan kerusakan yang lebih parah jika dibandingkan dengan varian Delta yang saat ini masih dominan di dunia, termasuk Indonesia. "Epidemiologi varian Mu yang ditemukan di Amerika Latin, khususnya hubungannya dengan varian Delta masih akan dimonitor perkembangannya," sebut buletin dari WHO.

WHO mengimbau agar negara-negara lebih berhati-hati terhadap varian baru ini mengingat masih rendahnya kapasitas riset epidemi di banyak negara masih rendah. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral