Seorang petugas keamanan menahan tersangka Tetsuya Yamagami di Nara pada 8 Juli 2022.
Sumber :
  • Reuters

Terungkap! Tetsuya Yamagami Pakai Senjata Rakitan dari Pipa Besi dan Lakban untuk Tembak Shinzo Abe

Minggu, 10 Juli 2022 - 18:00 WIB

Jakarta - Tersangka pembunuham mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Tetsuya Yamagami ternyata menggunakan senjata rakitan yang dibuatnya sendiri lewat tutorial di internet. Para analisis senjata meyakini senjata rakitan yang dibuat untuk membunuh Shinzo Abe dapat dibuat hanya dalam satu atau dua hari jika mendapatkan bahan yang tersedia seperti kayu atau pipa logam.

Ada beberapa kasus dalam beberapa tahun terakhir di mana seseorang secara ilegal membuat senjata sendiri di Jepang. Tetapi tetap saja, kejahatan bersenjata jarang terjadi di Jepang. 

Menurut dari dari kepolisian, tahun lalu ada 10 insiden penembakan, delapan diantaranya melibatkan gangster. Satu orang tewas dan empat luka-luka.

"Pembuatan senjata dengan printer 3D dan pembuatan bom saat ini dapat dipelajari dari internet, dari mana saja di dunia. Itu bisa dilakukan dalam dua hingga tiga hari setelah mendapatkan bahan seperti pipa," kata Dr Mitsuru Fukuda, profesor Universitas Nihon yang berspesialisasi dalam manajemen krisis dan terorisme, dikutip dari Asiaone, Minggu (10/7/2022).

Ditinjau dari video aksi penyerangan terhadap Abe, terlihat pistol yang digunakan memiliki pegangan yang terbuat dari dua pipa yang dilapisi lakban berwarna hitam.

Menurut pengakuan Yamagami, senjata tersebut bisa memuntahkan 6 peluru sekaligu sekali tembak.

Polisi menangkap seorang pria berusia 41 tahun di tempat kejadian dan dia mengakui telah menembak Abe, tersangka kemudian diidentifikasi sebagai Tetsuya Yamagami.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral