Ilustrasi tenda jemaah haji di Makkah.
Sumber :
  • Kemenag

Kabar Baik dari Satgas COVID-19: Jemaah Haji Sehat Tak Perlu Karantina Saat Pulang

Senin, 11 Juli 2022 - 22:50 WIB

Jakarta- Satgas penanganan Covid-19 tidak akan memberlakukan ketentuan karantina bagi jemaah haji yang tiba di Indonesia dengan kondisi tubuh dinyatakan sehat berdasarkan skrinning di bandara.

Kepala Subbid Dukungan Kesehatan Bidang Darurat Satgas Covid-19, Alexander K. Ginting mengungkap ketentuan ini memang berbeda dengan saat pemberangkatan haji yang mana jemaah sempat diwajibkan melakukan karantina sepekan jelang ibadah haji.

"Sesampainya di Indonesia karena seluruh jemaah haji telah melakukan vaksinasi dasar dan sebagian besar sudah dibooster, tentu kalau tidak bergejala bisa lewat," paparnya dalam dialog FMB9 diikuti dari YouTube, Senin (11/7/2022).

Kendati demikian ia mengatakan saat kedatangan haji di Indonesia pada 16-30 Juli 2022 tim kesehatan di asrama haji tetap akan melakukan skrinning untuk memastikan kondisi kesehatan jemaah haji.

"Jika hasilnya positif dengan gejala ringan, akan dilanjutkan dengan prosedur isolasi mandiri. Jika gejala berat karena faktor komorbid akan dirujuk ke rumah sakit,"imbuhnya.

Dia juga meminta pengawasan ketat terhadap protokol kesehatan dalam aktivitas penjemputan haji di bandara dan asrama demi mencegah penularan yang tidak terkendali.

"Yang kita khawatirkan justru kerumunan di area penjemputan atau di rumah jemaah. Aktivitas itu harus dikendalikan dengan prokes dan ketentuan PPKM,"tandasnya. (tyo/ebs)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral